Selasa, 14 Februari 2012

SHALAT DLUHA

SHALAT DHUHA
Shalat Dhuha adalah sholat yang dikerjakan pada waktu pagi atau waktu dhuha, yakni ketika Matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah, yang kira-kira jam 07.00 wib /tujuh, delapan, sembilan, sampai masuk waktu sholat Dzuhur.
Shalat Dhuha ini sedikitnya dikerjakan dua raka’at salam dan sebanyak-banyaknya dua belas raka’at dengan setiap dua raka’at satu salam. Dan cara mengerjakannya sama seperti mengerjakan sholat sunnat dua raka’at salam, baik gerakannya maupun bacaannya, yang dimulai dari takbirotul ikhram dan diakhiri dengan salam, hanya saja niatnya yang berbeda.
Untuk Sholat Dluha ini sebaiknya pada Salam pertama ;   raka’at pertama sesudah membaca Surat Al-Fatihah diteruskan dengan membaca Surat Asy-Syamsi dan pada raka’at kedua membaca surat Adh-Dhuha. Selanjutnya Salam kedua dan seterusnya ; raka'at  pertama setelah Surat al-Fatihah baca Surat al-Kaafirun dan raka'at kedua setelah Surat al-Fatihah membaca Surat al-Ikhlas.

NIAT SHALAT DHUHA

اُصَلِّي سُنَّةَ الضُّحٰي رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَاليٰ
Aku niat mengerjakan Shalat Sunnat Dhuha dua raka’at karena Alloh Swt. Alloh Maha Besar.


 
DOA BA’DA SHALAT DHUHA

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَائُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ .
اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِالسَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَانْ كَانَ فِاْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّراً فَيَسِّرْهُ
وَاِنْ كَانَ بَعِيْداً فَقَرِّبْهُ وَاِنْ كَانَ قَلِيْلاً فَكَثِّرْهُ
وَاِنْ كَانَ حَرَاماً فَطَهِّرْهُ . بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اٰتِنيِ مَا اٰتَيْتَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ
Artinya            :

Ya Alloh, bahwasannya waktu dhuha itu waktu Dhuha-Mu, keagungan ialah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu perlindungan-Mu.
Ya Alloh, jika rizqiku masih di atas langit turunkanlah, jika ada dalam bumi keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika masih jauh dekatkanlah, jika sedikit perbanyaklah, jika haram sucikanlah. Dengan waktu dluha,  Keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholih. 

2 komentar:

  1. thank's ya pak, do'a sholat dluha sudah tak copy moga berguna fiddun ya wal akhiroh . . .
    amiiiiin !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sama-sama. اٰمِيْن يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

      Hapus